Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar dan Berkenalan Dengan Android Jetpack


Belajar dan berkenalan dengan android jetpack, tentunya sangat penting bagi developer / pengembangan aplikasi android tinggat mahir untuk mempelaharinya, tentunya android jetpack ini banyak digunakan dalam mengembangkan aplikasi android bersekala besar. Tetapi sebelum langsung terjun ke android jetpack tentunya teman- teman harus belajar dan berkenalan terlebih dahulu dengan android jetpark ini. Silahkan teman- teman simak dan pahami pembahasan dibawah ini:


Berkenalan dengan Android Jetpack 

Tentunya sebagian besar dari aplikasi Android sekarang ini menggunakan suatu library /perpustakaan dukungan untuk dapat membantu pengguna dalam menambahkan semua jenis widget yang tentunya diperbarui serta untuk dapat mengatasi suatu permasalahan kompatibilitas pada seluruh perangkat Android maupun versi OS. Teman- teman tentunya akan kesulitan menemukan aplikasi Android yang tidak menggunakan sesuatu hal dari android jetpack, dan tentunya mereka termasuk sebagai ketergantungan dalam suatu proyek template yang dibuat pada tools Android Studio. Widget yang mendasar seperti RecyclerView termasuk juga di dalamnya.

Library atau pustaka dukungan tetunya sangat bagus untuk kita digunakan, tetapi library tersebut telah berkembang sedikit selama bertahun-tahun serta namanya menjadi sedikit membingungkan. seperti com.android.support:support-v4 serta com.android.support:support-v13, misalnya. Melihat nama saja, apakah teman- teman tahu kelas apa yang ada di dalamnya? Nama-nama tersebut tentu seharusnya dapat menunjukkan versi Android apa yang mereka itu dukung, tetapi, karena telah berevolusi, versi minimum telah meningkat menjadi API Level 14.

Tentunya google dapat menyadari bahwa variasi perpustakaan yang selalu berubah ini tentunya sangat membingungkan bagi pengembang baru ataupun pengembang lama serta juga telah memutuskan untuk memulai dari awal. Sebagai akibatnya, ia telah dapat menciptakan Android Jetpack sebagai cara untuk dapat menyediakan suatu panduan serta juga sebagai kumpulan library /perpustakaan dan alat yang direkomendasikan. Melalui Jetpack, Google tentunya menyediakan komponen yang membentuk cara yang disarankan untuk dapat merancang  suatu aplikasi yang teman- teman buat. Lebih lanjut, Google tentunya berharap bahwa Jetpack akan menghilangkan kode boilerplate serta dapat menyederhanakan tugas-tugas kompleks sambil tetap memberikan suatu kompatibilitas ke belakang.

Untuk dapat membantu dalam mengatasi kebingungan versi itu, tentunya Google juga mengatur ulang semua pustakanya terkait Jetpack ke versi 1.0.0 serta memulai nama paket mereka dengan nama dasar Androidx. Selain itu, setiap komponen tentunya akan berada dalam perpustakaannya sendiri, meskipun penting untuk dapat dicatat bahwa Google masih dapat bekerja untuk mentransisikan perpustakaan ke nama-nama paket baru.

Ada juga beberapa sumber daya lain dalam Jetpack, ialah termasuk perpustakaan Android KTX, yang daapt membuatnya lebih mudah untuk kita gunakan yaitu Kotlin dengan Android. Tentunya, akhirnya, Android Studio 3.2 Canary 14+ sekarang sudah memiliki opsi Migrasikan ke AndroidX untuk dapat mengubah script dan library/ pustaka teman-teman yang ada ke androidx (tapi admin sarankan kalian menunggu sampai mereka kehabisan alfa, karena masalah yang cukup besar yang diketahui ada didalam Canary 14 dan 15 konversi).

Jetpack dapat dipecah menjadi empat bidang utama, yaitu: Arsitektur, Yayasan (foundation), Perilaku (behavior) dan UI. Sebagian besar dari item didalam Jetpack merupakan pengaturan ulang serta kategorisasi suatu perpustakaan yang ada, tetapi ada juga beberapa item baru. Pada akhir artikel ini, kalian tentunya harus memiliki pemahaman yang baik mengenai tentang fitur-fitur dari Jetpack serta di mana dapat menemukan informasi lebih lanjut mengenai masing-masing fitur tersebut.

Jetpack: Arsitektur

Area Arsitektur Jetpack mencakup delapan pustaka serta alat yang berbeda yang tentunya dapat membantu kalian dalam merancang aplikasi kalian serta dapat mengelola data yang digunakan oleh dan ditampilkan di dalam suatu aplikasi. Sebagian besar merupakan library/ perpustakaan yang ada. Namun, ada tiga perpustakaan baru, yaitu: Navigasi, Paging, dan WorkManager. Dimulai dengan perpustakaan terbaru:

Navigasi
Menavigasi antara kegiatan serta / atau fragmen tentunya tidak pernah mudah. Sekarang, dengan perpustakaan Navigasi serta penampil navigasi yang dibangun didalam tools Android Studio, teman- teman dapat merancang secara visual bagaimana layar kalian dapat terhubung satu sama lain. Banyak orang yang telah memperhatikan bahwa ini mirip dengan Storyboards pada Pembuat Antarmuka Apple untuk dapat pengembangan aplikasi iOS.

Menggunakan Navigasi, kalian dengan cara visual dapat menghubungkan satu layar ke yang lain menggunakan "tujuan" atau destination. Kalian dapat membuat grafik navigasi yang akan memiliki tujuan awal yang tentunya dapat memiliki tindakan untuk dapat pergi ke tujuan yang lain. Hal yang hebat tentang ini ialah kalian dapat mendefinisikan animasi pada editor visual. Perpustakaan/ library bahkan menangani  suatu tautan dalam ke aplikasi kalian. Melewati data antar tujuan serta dapat dilakukan dengan cara yang aman dengan plugin baru yang disebut safeargs. kalian dapat menentukan suatu argumen apa yang dapat diterima oleh Fragmen dalam grafik navigasi dari dalam file navigasi itu sendiri.

Berikut ini merupakan screenshot dari dua buah fragmen dengan aksi di antara keduanya. Kalian dapat mengatur aplikasi kalian untuk menavigasi ke fragmen kedua dari dalam pendengar klik tombol di dalam fragmen pertama.
Catatan: Saat artikel ini dibuat, perpustakaan/ library Navigasi tidak berfungsi dengan baik dengan versi androidx dari perpustakaan dukungan. Mereka tentunya bekerja cukup dengan  suatu perpustakaan dukungan yang ada tetapi tidak yang baru. Pastikan terlebih dahulu untuk memeriksa catatan rilis pada setiap versi Android Studio 3.2 untuk melihat kapan ini telah diatasi.
Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang Navigasi di sini: Navigasi.

Paging

Pernahkah kalian berurusan dengan sejumlah besar data terkait? Mungkin terlalu banyak untuk kalian unduh secara sekaligus? Perpustakaan/ library Paging akan dapat membantu dengan menyediakan suatu cara untuk menangani paging serta data dalam RecyclerView.

Perpustakaan/ library Paging menggunakan beberapa kelas utama, yaitu: PagedList, PagedListAdapter, dan DataSource. PagedList merupakan suatu daftar yang dapat memuat data dengan malas dari DataSource, yang dapat memungkinkan suatu aplikasi memuat data dalam potongan atau halaman. PagedListAdapter merupakan RecyclerView.Adapter kustom yang menangani halaman dengan panggilan balik atau dapat disebut dengan DiffUtil.

Untuk DataSource, kalian tentunya akan menggunakan salah satu dari tiga subclass yang berbeda, yaitu: PageKeyedDataSource, ItemKeyedDataSource, ataupun PositionalDataSource.

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut di sini: Paging.

Manajer Pekerjaan (Work Manager)

Dalam rentang bertahun-tahun, tentunya terdapat beberapa sistem yang dibangun dalam Android untuk dapat menangani suatu pekerjaan latar belakang atau alarm. Mereka berbeda pada versi Android yang berbeda dan kalian harus menulis banyak kode / script untuk menangani berbagai versi OS tersebut.

WorkManager dapat memecahkan masalah ini serta memberi kalian satu pustaka untuk dapat membuat tugas yang tidak tersinkronkan serta tidak sinkron serta dapat menentukan kapan harus dijalankan. Kalian juga dapat menentukan pekerjaan satu kali ataupun mengulang suatu pekerjaan.

Binding Data

Perpustakaan/ library ini tentunya telah ada untuk sementara waktu. Binding Data dapat memungkinkan kalian untuk mengikat data kalian ke tata letak kalian dalam XML, sehingga, ketika kalian mengubah suatu data kalian dalam menjalankan kode/ script, pandangan yang tentunya ditentukan oleh suatu tata letak secara otomatis diperbarui. Selain itu, ketika UI yang kalian buat berubah, objek data kalian diperbarui.

Lifecycle

Perpustakaan\ library Lifecycle daoat membantu kalian dalam mendengarkan acara siklus hidup pada komponen lain selain aktivitas serta fragmen. Ini tentunya memungkinkan kalian memiliki logika yang sadar siklus di tempat-tempat selain dari sekadar Aktivitas maupun Fragmen. Perpustakaan/ library bekerja dengan menggunakan suatu anotasi pada metode sehingga kalian mendapatkan pemberitahuan untuk acara yang kalian minati.

Kalian dapat menerapkan LifecycleObserver, untuk menjelaskan metode serta menambahkan pengamat ini ke pemilik siklus hidup, yang biasanya merupakan Kegiatan ataupun Fragmen. Kelas LifecycleObserver dapat mendapatkan status siklus hidup saat ini dengan dapat memanggil lifecycle.getCurrentState () serta dapat menggunakan suatu informasi ini untuk menghindari script/ kode panggilan saat tidak dalam keadaan yang benar.

LifecycleOwner merupakan suatu objek yang memiliki acara siklus hidup Android. Kelas pustaka Aktivitas serta Fragmen sudah menerapkan metode LifecycleOwner. LifecycleOwner memiliki objek Siklus Hidup yang  tentunya dapat dikembalikan untuk membiarkan pengamat tahu apa keadaan saat ini.

LiveData

Pustaka LiveData tentunya menggunakan pola Observer untuk data tetapi menanganinya dengan sadar siklus. Kalian dapat mendapatkan manfaat dari pembaruan UI otomatis ini saat data berubah tanpa memanggil suatu elemen UI saat UI tidak dalam suatu kondisi yang benar.

LiveData merupakan kelas yang dapat mengimplementasikan pola pengamat, menyimpan data itu, serta dapat memberi tahu pendengar ketika data itu telah berubah..


Room

Jika teman- teman pernah mengalami kesulitan dalam bekerja dengan database SQLite pada aplikasi Android, Kalian tentunya akan menghargai apa yang dilakukan library Room untuk kalian gunakan. Kalian dapat membuat beberapa kelas sederhana yang tentunya menentukan data kalin serta cara mengaksesnya, ataupun perpustakaan ruang akan melakukan sebagian besar sisanya. Satu-satunya kode/ script SQL yang harus kalian tulis merupakan untuk kueri, yang tentu biasanya cukup mudah. serta dapat mendapatkan waktu kompilasi untuk memeriksa suatu script/ kode SQL Anda saat menggunakan Room.

Ada tiga kelas penting yang tentunya perlu kalian gunakan dengan Room: Database (ini berisi titik masuk utama kalian serta memegang  suatu referensi kedalam objek database untuk aplikasi), Entity (kalian dapat membuat satu untuk setiap tabel pada database), serta DAO (ini berisi metode untuk dapat mengambil serta mengelola data).

ViewModel

Sementara pustaka Room tetap dapat menyimpan data kalian didalam penyimpanan permanen, kelas ViewModel dapat memungkinkan kalian untuk menyimpan data didalam suatu memori perangkat dengan cara yang sadar siklus hidup. Salah satu fitur bagus dari ViewModel tentunya adalah ia dapat bertahan dalam suatu pembangunan kembali suatu Kegiatan atau Fragmen melalui perubahan konfigurasi seperti rotasi perangkat. Sistem akan berpegang pada suatu ViewModel yang dapat mengaitkannya kembali dengan Activity atau Fragment. ViewModels juga tempat kalian bisa memuat suatu data di latar belakang serta menggunakan LiveData untuk memberi tahu pendengar bahwa data sudah siap.

Jetpack: Foundation

Area Foundation Jetpack serta melibatkan suatu komponen pada sistem inti, ekstensi Kotlin, dan Pustaka Pengujian. Ini merupakan termasuk perpustakaan\ library AppCompat, yang dapat mungkin sudah kalian gunakan untuk sementara waktu, serta perpustakaan\ library ekstensi Kotlin KTX baru untuk pengembangan lebih mudah pada Kotlin.

Pengujian sangat penting serta memiliki bagian tersendiri dengan suatu kerangka untuk memungkinkan kalian dalam menguji aplikasi yang kalian but, baik untuk pengujian UI ataupun pengujian unit.

AppCompat

Pustaka AppCompat di Jetpack Foundation tentunya terdiri dari suatu libraries v7 yang lama. Ini termasuk:
  • AppCompat
  • Cardview
  • GridLayout
  • MediaRouter
  • Palette
  • RecyclerView
  • Renderscript
  • Preferences
  • Leanback
  • Vector Drawable
  • Design
  • Custom tabs

Android KTX

Android KTX merupakan satu-satunya perpustakaan baru didalam Foundation serta merupakan sekumpulan ekstensi Kotlin yang dirancang untuk merampingkan pengembangan aplikasi Android saat menggunakan bahasa Kotlin.

Ada beberapa modul KTX yang terhubung dengan suatu perpustakaan lain pada  Jetpack. Misalnya, jika kalian bekerja dengan perpustakaan Navigasi, maka kalian dapat menggunakan:
  • android.arch.navigation: navigation-common-ktx
  • android.arch.navigation: navigasi-fragment-ktx
  • android.arch.navigation: navigation-runtime-ktx
  • dan android.arch.navigation: navigation-ui-ktx
SharedPreferences merupakan contoh bagaimana menggunakan KTX dapat membuat kode/ script kalian lebih sederhana. perhatikan kode Kotlin di bawah ini:
sharedPreferences.edit()
    .putBoolean("key", value)
    .apply()
Bandingkan dengan kode berbasis KTX:
sharedPreferences.edit {
    putBoolean("key", value)
}
Kode KTX dirampingkan sedikit serta menghapus kebutuhan untuk menambahkan berlaku ().

Dan inilah contoh SQLite tanpa menggunakan KTX:
db.beginTransaction()
try {
  // insert data
  db.setTransactionSuccessful()
} finally {
  db.endTransaction()
}
Dan versi KTX yang sesuai:
db.transaction {
    // insert data
}
KTX merampingkan suatu transaksi SQLite dapat menjadi panggilan fungsi sederhana dengan lambda tertinggal.

Uji

Bagian Uji foundation mencakup kerangka pengujian Espresso UI serta AndroidJUnitRunner untuk melakukan pengujian unit. Tes unit merupakan untuk menulis tes kecil pada logika didalam kode kalian, biasanya pada tingkat metode individual. Mereka harus berjalan cepat serta membantu kalian dalam menguji bagian logika tertentu. Espresso digunakan untuk pengujian elemen UI.


Multidex

Saat teman- teman membangun aplikasi dan memasukkan lebih banyak perpustakaan/ library, aplikasi kalian dapat tumbuh cukup besar sehingga kalian perlu menggunakan suatu kemampuan Multidexing Android. Setelah aplikasi kalian mencakup lebih dari 65.536 metode pada semua kelas, kalian harus memiliki sistem untuk membagi suatu file .dex kalian (pada dasarnya, file .zip kelas) menjadi beberapa file .dex.


Jetpack: Perilaku (Behavior)

Area Perilaku Jetpack dapat menampilkan perpustakaan\ library yang membantu teman-teman berinteraksi dengan pengguna kalian melalui UI, termasuk menggunakan suatu video ataupun suara. Ini  dapat mencakup banyak komponen seperti media, notifikasi, izin, pengunduhan, berbagi, serta perpustakaan Irisan baru.

Notifikasi

Notifikasi Android telah ada sejak awal tetapi juga telah berubah seiring waktu. Mereka dapat menjadi lebih ekspresif serta dapat berisi suatu tombol serta gambar. Sejak Android 5.0 Lollipop, pemberitahuan yang disebut pemberitahuan kepala-up dapat ditampilkan. kalian bahkan dapat menggunakan notifikasi didalam Android Wear serta TV untuk mengendalikan media.

Izin

Bagian dari area Perilaku ini dapat menunjukkan cara untuk menggunakan serta meminta izin. Sejak Android 6.0 Marshmallow, izin sekarang harus diminta serta diberikan sebelum elemen-elemen tertentu dari komponen perangkatnya dapat diakses, seperti kontak, lokasi, serta informasi kamera. kalian dapat menyatakan izin dalam manifes, serta kalian harus menangani kedua kasus pengguna yang menerima ataupun menolak permintaan izin kalian.

Berbagi

Bagian Berbagi Perilaku menjelaskan cara berbagi konten dan kelas ShareActionProvider dan cara menggunakannya. Anda akan dapat berbagi informasi dengan aplikasi lain dan menerima informasi dari aplikasi lain. Anda dapat membuat tindakan berbagi, berbagi file, dan menggunakan ContentProviders untuk berbagi data.


Media

Suatu Area Perilaku Jetpack mencakup kelas MediaPlayer serta AudioManager. kalian dapat memutar media dan juga suara, menggunakan MediaPlayer dalam suatu layanan, serta mengontrol volume perangkat. Android mendukung berbagai format media. Kalian juga dapat menggunakan perpustakaan/ library ExoPlayer, yang Google gunakan untuk pemutar media itu sendiri pada aplikasi seperti YouTube.


Manajer unduhan

Pada layanan DownloadManager dapat membantu kalian dalam mengunduh file didalam latar belakang. Hindarilah berurusan dengan masalah koneksi, coba lagi serta bahkan reboot sistem dengan menggunakan layanan DownloadManager. Karena DownloadManager merupakan layanan sistem, Kalian dapat memulai mengunduh serta mendengarkan acara siaran untuk dapat menangani unduhan yang selesai. Tidak perlu khawatir tentang masalah jaringan ataupun crash.

Irisan

Pustaka Slices merupakan baru serta dapat memungkinkan kalian untuk membuat templat UI untuk membagikan data kalian melalui sistem dalam tata letak yang kaya serta fleksibel. Salah satu contoh yang Google berikan pada Google I / O merupakan aplikasi cuaca yang dapat menampilkan lebih banyak data tergantung pada suatu ruang yang harus ditampilkan. Saat ini, ini hanya digunakan oleh Aplikasi Pencarian Google tetapi tentunya harus diperluas ke Google Assistant.

Kalian dapat membuat data aplikasi kalian tersedia untuk aplikasi ini menggunakan Iris sehingga pengguna dapat menemukan suatu informasi dari suatu aplikasi kalian dengan menggunakan Google Search atau Asisten.

Jetpack: UI

Sebagian besar perpustakaan\ libarary UI pada Jetpack didasarkan pada kode/ script yang ada. Mereka termasuk: animasi, fragmen, palet, layout, Emoji, Android Auto, Wear serta TV. Perpustakaan\library  EmojiCompat merupakan yang terbaru dari perpustakaan\ library serta memberi kalian emoji terbaru dan font yang diperlukan untuk menggunakannya.

Animasi

Bagian Jetpack ini termasuk API untuk berbagai jenis animasi yang tentunya tersedia didalam Android. Dokumentasi situs Jetpack dapat mencakup cara lama serta baru untuk menggunakan animasi. Grafik vektor serta animasi vektor juga disertakan.
Ada juga sistem animasi berbasis fisika yang tentunya mencakup animasi pegas. Kalian dapat mengatur transisi antara suatu aktivitas serta animasi properti dan objek. Tentunya kalian juga dapat mengatur tata letak untuk dapat menghidupkan pembaruan yang kalian buat pada tata letak.

Emoji

EmojiCompat dapat menangani karakter emoji serta menggunakan dukungan font yang dapat diunduh. Ini dapat memungkinkan aplikasi kalian tetap terbarui dengan emoji terbaru tanpa bergantung pada suatu OS Android. Setiap kali kalain memperbarui ketergantungan perpustakaan/ library ini, kalian akan memiliki emoji terbaru. Ada kelas Rentang konkret yang disebut dengan EmojiSpan yang tentunnya digunakan untuk membuat emoji di teks Kalian.

Pecahan

Ini termasuk berbagai jenis fragmen, seperti: DialogFragment, ListFragment, serta PreferenceFragmentCompat. Bagian penting dari suatu Fragmen merupakan suatu siklus hidup, serta kelas Fragmen yang termasuk dalam suatu Jetpack terintegrasi dengan baik dengan kelas Siklus Hidup didalam Jetpack: Arsitektur.


Tata letak

Suatu Layout dapat mendefinisikan Views serta ViewGroups didalam aplikasi kalian buat. Dalam dokumentasi Layout Jetpack, kalian akan belajar cara mendeklarasikan suatu layout dalam XML serta kode/ script. Ini juga dapat menjelaskan beberapa tata letak yang lebih umum, seperti LinearLayout, RelativeLayout ataupun ConstraintLayout yang lebih baru. Selain itu, kalian akan mengambil kiat mengenai fitur yang lebih spesifik seperti membuat suatu daftar item dengan menggunakan RecyclerView, serta tata letak kartu CardView.

Palet

Perpustakaan Palette dapat memungkinkan kalian untuk memilih warna untuk tema serta dari gambar untuk membuat UI Anda cocok dengan gambar kalian. kalian  juga  tentunya dapat membuat suatu palet serta memilih warna yang berbeda menggunakan kelas Palette.Builder. Beberapa jenis warna yang  dapat dihasilkan diantaranya: Light Vibrant, Vibrant, Dark Vibrant, Light Muted, Muted serta Dark Muted.

Televisi

Jika kalin sedang membangun suatu aplikasi untuk Android TV, maka bagian TV Jetpack merupakan suatu hal yang tepat. kalian dapat mengontrol Perangkat Keras TV serta pengontrolnya dan membuat sistem navigasi yang  dapat berfungsi untuk TV. Ada tema leanback yang digunakan untuk tata letak TV serta perpustakaan Leanback dapat membantu dengan kontrol TV. Kalian dapat mengatur pengontrol D-pad untuk dapat memungkinkan pengguna menavigasi UI TV.

Memakai

Wear OS merupan versi Android untuk suatu perangkat yang dapat dipakai. Tentunya kalian dapat membuat aplikasi yang dapat memutar media, mengontrol media kalian dari arloji, ataupun dapat membuat aplikasi arloji mandiri atau wajah arloji.

Mobil (Mobile)

Jetpack dapat membantu kalian untuk mengembangkan aplikasi untuk Android Otomatis - hanya dapat didengar, berkirim pesan, bekerja dengan perangkat keras, serta lain sebagainya. Kalian dapat menyediakan pemutaran audio untuk mobil serta dapat pengiriman pesan. Kalian dapat menguji suatu aplikasi otomatis pada layar mobil menggunakan Desktop Head Unit (DHU), yang merupakan alat pengujian yang dapat memungkinkan kalian untuk dapat menguji tanpa perangkat keras.

Selanjutnya Apa?

Seperti yang Kalian lihat, ada cukup banyak yang termasuk dalam paket Android Jetpack baru Google. Semua perpustakaan\ library yang kalian kenal serta sukai dapat ditemukan di sana, serta beberapa fitur yang baru.

Pada artikel ini, Kalian diperkenalkan dengan ke empat bagian utama dari Andaroid Jetpack: Arsitektur, Foundation, UI, serta Perilaku. Beberapa perpustakaan\ library baru, seperti perpustakaan Navigasi, akan mengubah cara kalian dalam menulis aplikasi, menjadikannya lebih mudah dari sebelumnya. WorkManager dapat memecahkan masalah lama untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan andal didalam waktu yang berbeda pada versi OS yang berbeda. Paging tentunya akan membantu dengan kumpulan data yang lebih besar serta dapat memungkinkan kalian untuk menggunakan RecyclerViews serta adaptor dengan kode lebih sedikit. Pustaka KTX Android dapat membuat bekerja dengan Kotlin menjadi lebih mudah serta akan terus berkembang. Irisan merupakan fitur baru serta saat kalian mempelajari lebih lanjut, kalian tentunya harus dapat menyediakan lebih banyak data pada luar aplikasi yang kalian buat. Dengan perpustakaan\ library Emoji, tentunya kalian dapat memiliki semua emoji terbaru serta terbaik yang telah tersedia.

Semoga posting/ artikel ini dapat memberikan gambaran yang baik mengenai apa yang tersedia di dalam Android Jetpack serta membuat kalian bersemangat untuk menggunakan sesuatu yang baru.

Mungkin sekian pembahasan yang dapat admin sampaikan mengenai berkenalan dengan android jetpack. mudah- mudahan artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahui sehingga trus berkeinginan mengembangkan aplikasi android.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai Belajar dan Berkenalan Dengan Android Jetpack, semoga bermanfaat . Salam Success :)

By: Muhammad Rizal Supriadi