Java Fundamental - Menambah dan Memposisikan Objek Alice 3
Assalamualaikum wr.wb, Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan tutorial mengenai Oracle yaitu Menambah dan memposisikan objek pada alice 3. tentunya pembahasan ini sangat penting bag teman- teman yang baru memperlajari mengenai Alice 3 ini untuk pembagan lengkap mengenai Menambah dan memposisikan Objek pada Alice 3, silahkan teman- teman simak dan pahami pembahasan dibawah ini:
Untuk tutorial sebelumnya silahkan kunjungi halaman berikut: Java Fundamentals - Memulai dengan Alice 3
Tujuan Pembelajaran
Pelajaran ini mengonversi tujuan berikut:- Buka versi proyek yang disimpan
- Tambahkan beberapa objek ke sebuah adegan
- Jelaskan perbedaan antara penentuan posisi yang tepat dan posisi seret-dan-jatuhkan (atau tidak tepat)
- Gunakan prosedur sekali tembak untuk memposisikan objek dalam adegan dengan tepat
- Edit properti suatu objek di editor Scene
- Jelaskan sumbu pemosisian tiga dimensi
- Posisikan sub-bagian dari suatu objek di editor Scene
Buka Proyek Yang Ada
- File proyek Alice 3 Tersimpan dapat dibuka dan diedit
- Ada dua cara untuk membuka file proyek Alice 3 yang sudah ada setelah meluncurkan Alice 3:
- Pilih proyek menggunakan tab Proyek Saya
- Jelajahi proyek menggunakan tab sistem file.
Langkah-langkah untuk membuka proyek
- Buka alice 3
- Dari kotak dialog Select Project, pilih tab My Projects.
- Gulir ke nama atau gambar kecil proyek yang akan dibuka
- Pilih nama atau thumbnail proyek dan klik OK
Langkah-langkah untuk membuka projek yang ada menggunakan tab sistem file
- Buka alice 3
- Dari kotak dialog pilih proyek, pilih tab sistem file.
- Pilih tombol browse
- Gunakan jendela navigasi untuk menavigasi ke struktur direktori di komputer Anda di mana file Alice 3 berada
- Klik ok setelah file Alice 3 dipilih
Objek posisi dalam adegan awal
Memposisikan objek dalam adegan awal Anda termasuk memilih:
- Arah yang harus dihadapi objek.
- Orientasi objek pf relatif terhadap objek lain dalam adegan
- Posisi objek dalam adegan
- Posisi sub bagian objek (lengan, kaki, jaring).
Fitur pemosisian objek
Semua alice 3 objek memiliki fitur pemosisian yang sama:
- Koordinat 3D pada sumbu x, y, dan z.
- Titik tengah, tempat sumbu-sumbunya bersilangan (biasanya di pusat massa).
- Sub bagian yang bisa bergerak
Orientasi objek
- Objek dan sub bagiannya relatif terhadap orentasinya sendiri, atau indra pengarahan
- Objek yang menghadap ke depan bagian belakang adegan, diprogram untuk bergerak maju 2 meter, bergerak 2 meter ke arah belakang adegan.
Cara memposisikan Objek
Ada dua cara untuk memposisikan objek:
- Penentuan posisi yang tepat menggunakan salah satu dari dua metode:
- Gunakan prosedur sekali pakai
- Masukkan nilai untuk koordinat x, y, dan z dan tekan tombol Enter.
- Penentuan posisi yang tepat menggunakan metode seret-dan-jatuhkan dengan kursor Anda
Pilih Instance to Position
- Ada dua cara untuk memilih contoh yang ingin Anda posisikan.
- Klik nama instance dari daftar onject di sudut kiri atas jendela adegan
- Klik contoh di jendela adegan
- Cincin atau panah mengelilingi objek setelah dipilih
Pemosisian yang Tepat pada Prosedur sekali pakai
prosedur sekali pakai:
- Digunakan untuk melakukan penyesuaian pemandangan dan memposisikan objek
- tidak dieksekusi ketika tombol Run dipilih untuk memutar animasi
Prosedur adalah seperangkat instruksi, atau kode yang diprogram, untuk bagaimana objek harus melakukan tugas. Satu prosedur pemotretan tersedia di editor Scene. Mereka sama dengan prosedur dalam editor kode; Namun, mereka hanya menjalankan satu kali untuk memposisikan ulang objek, tidak seperti dalam editor Kode di mana mereka akan mengeksekusi setiap kali tombol run diklik untuk memutar animasiPosisi Objek dalam Adegan - Posisi pengadaan
Setelah menambahkan beberapa objek ke tengah adegan, gunakan satu prosedur pemotretan untuk menempatkannya secara tepat di lokasi yang berbeda dalam adegan sehingga semua objek terlihat.
Langkah untuk membuka menu prosedur pemotretan - penentuan posisi yang tepat
- klik kanan pada objek di editor Scene
- Pilih prosedur atau
- Pilih menu prosedur satu pemotretan di panel properti
- Pilih prosedur
Langkah-langkah untuk menggunakan prosedur satu pemotretan - penentuan posisi yang tepat
- Dari menu prosedur satu pemotretan, pilih prosedur yang diinginkan
- Tentukan nilai argumen (arah dan jarak)
- Objek akan secara otomatis memposisikan ulang berdasarkan prosedur yang dipilih dan argumen yang ditentukan
Contoh Posisi- Posisi tepat
- Terkadang lebih mudah untuk menempatkan banyak instance di tengah adegan
- Sebagai contoh:
- Jika Anda ingin menambahkan tiga karakter kartu bermain ke layar Anda dapat menambahkannya ke tengah layar
- Pindahkan mereka dengan prosedur sekali tembak sebagai lawan mencoba menyeret dan menjatuhkannya ke lokasi yang benar di dalam ruangan
Properti posisi - penentuan posisi yang tepat
properti position memberi tahu Anda di mana objek diposisikan dalam adegan pada sumbu x, y, dan z
keterangan : X- Left to Right , Y- Up and Down, Z- Forward and backward
Langkah-langkah untuk menggunakan metode seret dan letakkan di posisi yang tepat
keterangan : X- Left to Right , Y- Up and Down, Z- Forward and backward
Langkah-langkah untuk memposisikan objek menggunakan Positioning tepat koordinat
- di panel properti, cari properti posisi.
- masukkan nilai dalam sumbu x dan tekan enter.
- masukkan nilai dalam sumbu y dan tekan enter.
- masukkan nilai dalam sumbu z dan tekan enter.
- Objek akan secara otomatis memposisikan ulang ke koordinat yang dimasukkan dalam bidang sumbu x, y, dan z.
- Anda harus menekan tombol enter setelah memasukkan setiap nilai.
Langkah-langkah untuk menggunakan metode seret dan letakkan di posisi yang tepat
- Pilih objek, atau bagian pendukung objek, menggunakan kursor
- pilih gaya pegangan
- setiap gaya pegangan menyajikan cincin atau panah untuk membantu Anda dengan penentuan posisi Anda
- misalnya, gaya handle handle akan menyajikan tiga panah untuk digunakan dalam memposisikan objek di sepanjang sumbu x, y, dan z
- Posisikan objek dengan kursor Anda dengan memilih dan menyeret cincin yang mengelilingi objek.
Memodifikasi properti
- properti dapat dimodifikasi selama pengaturan adegan dan selama eksekusi animasi
- sebagai contoh:
- Ubah properti opacity jika instance ke 0 selama pengaturan adegan untuk membuatnya menghilang.
- Buat pernyataan pemrograman untuk mengatur properti opacity dari instance ke 1 sehingga instance muncul kembali dalam adegan selama eksekusi animasi
Langkah-langkah untuk mengubah properti instance di editor adegan
- pilih instance di editor adegan
- ubah properti seperti catnya (warna), opacity, atau ukuran menggunakan menu di panel properti
- Tringle di depan tombol properti objek yang dipilih dapat menyembunyikan atau menampilkan properti instance
- jika bidang properti untuk instance tidak ditampilkan, klik segitiga untuk menampilkannya.
Posisikan sub-bagian suatu objek
- Gunakan gaya pegangan untuk memposisikan sub-bagian suatu objek selama pengaturan adegan
- misalnya, Anda mungkin ingin kepala objek melihat ke kanan ketika animasi dimulai
Langkah-langkah untuk memposisikan sub-bagian objek
- pilih instance dari menu properti objek
- segitiga siku-siku di sebelah nama instance mengindikasikan bahwa ada menu tambahan untuk sub bagian instance.
- pilih sub-bagian yang ingin Anda posisikan
Langkah untuk memposisikan sub bagian onject
- gunakan nada di sekitar sub-bagian untuk memposisikannya.
- ulangi langkah-langkah ini untuk memposisikan sub-bagian tambahan.
- gunakan fitur undo bila diperlukan
Terminologi
istilah kunci yang digunakan dalam pelajaran ini termasuk:
- orientasi
- prosedur sekali suntikan
- prosedur
- properti
Ringkasan
dalam pelajaran ini, Anda seharusnya belajar bagaimana:
- buka versi proyek yang disimpan
- Tambahkan beberapa objek ke suatu adegan
- jelaskan perbedaan antara pemosisian yang tepat dan pemosisian drap dan drop (atau tidak tepat)
- Gunakan prosedur satu pemotretan untuk memposisikan objek dalam adegan dengan tepat
Ringkasan
dalam pelajaran ini, Anda seharusnya belajar caranya
- Edit properti objek di editor adegan
- Menjelaskan sumbu pemosisian tiga dimensi
- Posisikan sub-bagian dari objek dalam editor adegan
mungkin sekian pada pembahasan kali ini mudah- mudahant teman -teman dapat dengan mudah untuk memahami materi mengnai menambah dan memposisikan objek pada alice 3, terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai Java Fundamental - Menambah dan Memposisikan Objek Alice 3.
Semoga bermanfaat -- salam success ;)
By: Muhammad Rizal Supriadi